FOREIGN POLICY BREAKFAST, DI GEDUNG PANCASILA, DEPLU, JAKARTA, 19 AGUSTUS 2008

 
bagikan berita ke :

Selasa, 19 Agustus 2008
Di baca 1089 kali

SAMBUTAN
PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
PADA ACARA
FOREIGN POLICY BREAKFAST
PADA TANGGAL 19 AGUSTUS 2008
DI GEDUNG PANCASILA, DEPARTEMEN LUAR NEGERI, JAKARTA


Bismillaahirrahmaanirrahiim,

 

Assalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

 

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua,

 

Yang saya hormati Saudara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Saudara Menteri Luar Negeri, dan para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, Saudara Pimpinan Komisi I dan para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, para Pimpinan Lembaga-lembaga Pemerintah Non Departemen,

 

Saudara Ketua Dewan Pertimbangan Presiden yang juga diplomat senior kita, mantan Menteri Luar Negeri, para sesepuh, para diplomat senior dan para Duta Besar, termasuk yang telah merampungkan masa bakti sebagai Duta Besar kita di negara sahabat, para tokoh-tokoh nasional, pemuka agama, dan utamanya Saudara-saudara keluarga besar Departemen Luar Negeri, baik yang hadir di gedung ini, maupun saya lihat tadi ada di luar, di halaman, maupun para pejuang dan diplomat, dan keluarga besar Deplu di manapun mereka bertugas di seluruh dunia ini yang saya cintai dan saya banggakan.

 

Marilah sekali lagi pada kesempatan yang baik dan insya Allah penuh berkah ini, kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena kepada kita masih diberi kesempatan, kekuatan, dan kesehatan untuk melanjutkan karya kita, serta tugas dan pengabdian kita kepada bangsa dan negara tercinta, maupun dalam rangka membangun tatanan dunia yang lebih aman, lebih sejahtera, dan lebih adil.

 

Hadirin sekalian yang saya muliakan,

 

Saya pertama-tama memberikan apresiasi kepada Saudara Menteri Luar Negeri yang kembali menyelenggarakan acara Foreign Policy Breakfast yang tentu dikaitkan dengan tahun-tahun yang penuh dengan makna. Tahun ini, 63 tahun Kemerdekaan kita, 100 tahun Kebangkitan Nasional, 80 tahun Sumpah Pemuda, dan 10 tahun Reformasi. Dan kita juga mengucap syukur alhamdulillah, kita kembali berada di gedung, di tempat yang amat bersejarah ini.

 

Kalau kita sejenak melakukan kilas balik, para founding fathers telah meletakkan nilai dan landasan kerangka bernegara yang alhamdullilah masih terus kita lanjutkan dan akan kita lanjutkan di masa yang akan datang. Kita memahami proses state building, nation building, dan yang sekarang pun masih berlanjut dengan character building yang masih belum usai. Tokoh-tokoh besar semacam Bung Karno, Bung Hatta, Dr. Rajiman, Soepomo, Muhammad Yamin, dan sebagainya, telah menjadi bagian dari sejarah yang penting dari pembentukan negara yang kita cintai bersama ini. Mudah-mudahan tahun ini tidak hanya simbolik tapi juga memancarkan energi positif, energi yang lebih kuat lagi untuk bersama-sama membangun hari esok yang lebih baik.

 

Saudara-saudara,

 

Pada kesempatan yang baik ini saya ingin berbagi sebenarnya, sharing, dengan Saudara-saudara semua menyangkut visi, pikiran-pikiran dasar, maupun bagaimana kita merespon berbagai tantangan, berbagi isu yang terjadi di belahan bumi ini tentu untuk kita abdikan pada kepentingan nasional kita sebagaimana tadi telah disampaikan oleh Saudara Menteri Luar Negeri. Namun sebelumnya ijinkan saya untuk mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pejuang dan para diplomat yang sejak berdirinya negara ini telah mencurahkan pikiran, waktu, dan tenaganya untuk membangun diplomasi Indonesia yang terus kita jalankan sekarang dan di masa depan.

 

Amat besar jasa para diplomat kita, bahkan bagi Saudara-saudara yang belum melihat satu monumen di Yogyakarta, yang bernama monumen Yogya Kembali, kalau masuk ke gedung itu, akan kelihatan dinamika, proses, pasang surut dari upaya kita untuk mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan, the survival of our country, pada usianya yang sangat muda dulu, dan akhirnya dari semuanya itu berpuncak pada satu konklusi besar bahwa negara kita selamatkan oleh paduan antara war and diplomacy. Dua-duanya penting dan sejarah telah mencatat upaya besar bangsa ini, bangsa pejuang, perjuangan di bidang diplomasi dan perjuangan di bidang militer. Saya kira itu menjadikan values, menjadikan prinsip-prinsip dasar yang mesti kita pahami dan kita aplikasikan di masa kini dan masa depan.

 

Hadirin sekalian,

 

Kita hidup dalam dunia yang terus berubah, ever changing and complex world, betul-betul kompleks. Juga yang disebut dengan crowded and warmer planet. Bumi yang hidup sekitar 6,4 milyar manusia yang sekarang cenderung memanas karena terjadinya perubahan iklim yang berlangsung sejak revolusi industri, ratusan tahun yang lalu, tentu dunia dan bumi yang di mana kita hidup sekarang ini memberikan tantangan, persoalan, dan permasalahan tersendiri bagi kita kepada manusia sejagat dan tentunya kepada bangsa Indonesia. Inilah realitas yang kita hadapi sehingga pertanyaannya adalah pertanyaan yang harus kita jawab: Bagaimana kita dapat memperjuangkan kepentingan nasional kita dalam realitas global seperti sekarang ini? Inilah pentingnya foreign policy making yang tepat, yang di satu sisi bisa memenuhi kepentingan kita, di sisi lain bisa dilakukan dalam dunia yang penuh dengan tantangan seperti ini.

 

Saya katakan tadi saya ingin berbagi pengalaman dengan Saudara-saudara sebagai top decision maker dalam politik luar negeri yang bekerja bersama-sama dengan Menteri Luar Negeri sebagai top policy maker dalam pembuatan politik luar negeri dalam praktek yang ternyata banyak hal yang dulu tidak pernah kita pikirkan, sekarang menjadi isu sentral, sekarang menjadi masalah yang memang memerlukan cara pandang baru, opsi baru, dan solusi-solusi baru. Inilah yang ingin saya kedepankan ke hadapan forum yang mulia hari ini.

 

Saudara-saudara,

 

Meskipun dunia amat dinamis dan kita sering harus merespon dalam waktu yang cepat tetapi kita tidak boleh kehilangan orientasi yang jernih kepada nilai-nilai dasar, prinsip-prinsip, falsafah, ataupun sejarah kita sendiri dalam diplomasi dan hubungan internasional. Dan saya ulangi sekali lagi bahwa politik luar negeri tetap mesti diaktifkan untuk sebesar-besar kepentingan nasional kita.

 

Sering saya katakan bahwa kalau kita berhadapan dengan negara lain manakala terjadi conflict of interest kita dengan negara-negara lain maka pilihan kita adalah diplomacy first. Kemudian yang lain kedua. Kalau kita kaitkan dengan pilihan yang lain, misalnya menggunakan instrumen militer untuk mencapai kepentingan kita, kita sepakat bahwa war is a continuation of politic by other means tetapi perang itu sendiri adalah jalan terakhir apabila tidak ada pilihan lain dan manakala kedaulatan kita, integritas kita sebagai bangsa terancam. Ini penting saya sampaikan karena nanti akan ada isu-isu aktual yang memerlukan plihan kita, our choice, our rational choice, mana yang kita pilih untuk menghadapi berbagai tantangan itu. Kita tetap dan akan terus menjalankan politik bebas aktif.

 

Mendiang Bung Hatta mengatakan dulu ketika masih terjadi perang dingin, Blok Barat, Blok Timur, katakanlah kita mendayung di antara dua karang. Tapi tiga tahun yang lalu dalam acara yang diselenggarakan oleh IKWA, saya katakan bahwa politik bebas aktif yang kita lakukan masa kini tentu mengalami perubahan-perubahan di dalam implemetasinya. Waktu itulah saya tawarkan atas apa yang kita lakukan sekarang ini, kita navigating in a turbulent ocean. Ocean di sini tentunya turbulent world yang terus dinamis, terus menghadirkan tantangan-tantangan dan permasalahan baru. Tentu lebih kompleks, memerlukan navigation skill yang lebih bagus dari kita semua, dari policy makers, dari semua diplomat yang mengemban tugas di berbagai belahan bumi ini. Kita juga mengembangkan aplikasi dari politik bebas aktif masa kini all direction foreign policy karena tatanan dunia telah dan terus berubah. Oleh karena itulah, kita harus memaknai geopolitik masa kini yang lebih relevan, demikian juga geoekonomi yang connected to geopolitics. Itu semua harus menjadi perhatian kita di dalam, sekali lagi, memperjuangkan kepentingan bangsa kita di forum global.

 

Ada beberapa catatan. Muncul pertanyaan kemudian: Mana yang kita utamakan dalam era globalisasi sekarang ini, dalam era universalisasi dewasa ini, global interest atau national interest. Saya kira kita sudah memiliki jawaban dan bagi kita permasahannya bukan mana yang lebih dulu, mana yang lebih penting, tapi dengan dunia yang makin kompleks sekarang ini, kita sering tidak begitu mudah, ruang yang kita miliki tidak begitu luas untuk memperjuangkan kepentingan nasional dalam arti opsi yang kita pilih kalau kita mengabaikan perkembangan dalam tingkat global, circumstances, atau yang kita sebut dengan new global interest pada awal abad 21 ini. Sehingga menjadi kurang relevan kalau kita harus memilih right or wrong is my country atau right is right, wrong is wrong. Semuanya itu bisa kita tata dengan tetap berorientasi pada sebesar-besar untuk kepentingan nasional kita.

 

Saudara-saudara,

 

Kita merasakan sekarang ini bahwa foreign policy making sebagai sebuah proses. Itu juga mesti melihat secara dinamis issues yang terus berkembang. Aktor dalam hubungan internasional kita kalau dulu nation state sebagai aktor utama sekarang telah berkembang begitu luas, bukan hanya organisasi internasional seperti PBB, NGO’s, kelompok-kelompok agama yang bergerak lintas negara, dan sebagainya. Dan kemudian, interaksi atas segalanya, issues and actors. Semuanya itulah yang kita pertimbangkan secara masak ketika kita harus memilih, ketika harus mengembangkan foreign policy yang tepat menghadapi tantangan jaman dan tantangan dunia.

 

Saudara-saudara,

 

Akhirnya, kalau kita bicara choices, actions maka kita harus betul-betul meyakini bahwa yang kita pilih, bagaimana kita memelihara hubungan dengan negara-negara tetangga kita, bagaimana kita menyikapi perkembangan dunia, terutama berkaitan dengan international peace and security, bagaimana kita menghadapi the new crisis, misalkan energy security, food security, climate change, dan lain-lain. Maka di atas segalanya kita harus menemukan, harus memilih rational choice. Kita akan merugi kalau yang kita pilih adalah emotional respond meskipun politik luar negeri juga mengandung emotions sebagai bangsa ketika dignity kita, kehormatan kita, harga diri kita tersentuh. Kita tentu memiliki semuanya itu, tapi akhirnya yang kita pilih haruslah pilihan-pilihan yang rasional, pilihan yang realistik, pilihan yang didukung oleh kapasitas kita, kemampuan kita, yang mampu untuk mewujudkan pilihan kita itu.

 

Saudara-saudara,

 

Ada yang mengatakan bahwa resep bagi leaders sebagai top decision makers dan juga policy makers adalah goal and clear habits, ends and means calculations. Kita harus betul-betul memahami tujuan yang ingin kita capai, means, resources, capacity yang ada di tangan kita. Kita kalkulasikan supaya tidak miss, tidak miscalculate, dengan pikiran-pikiran yang jernih, pikiran yang objektif, dan pikiran yang rasional. Pernah dulu ketika hangat-hangatnya sengketa kita di perairan Ambalat, banyak yang sangat emosional, saya mendengar statement, ada rapat-rapat, unjuk rasa, kita harus perang dengan Malaysia, dan seterusnya, dan seterusnya. Tetapi dengan proses rational thinking akhirnya pilihan kita rasional, wilayah itu kita yakini wilayah kita, bagian dari kedaulatan kita, tidak bisa lepas di tangan negara manapun juga. Kita berjuang untuk itu, kita lakukan diplomasi untuk itu dengan tujuan pilihan yang terbaik.

 

Ketika kita sedang emotional, saya bersama pimpinan TNI menggunakan kapal perang berlayar sampai border, sampai batas perairan kita dengan Malaysia sehingga anekdot saya, kalau saya kecemplung satu meter di depan itu sudah masuk Malaysia. Saya katakan waktu itu kalau negara ini, bangsa ini, ingin perang, pilihan kita perang, ya kita perang dan saya di depan, sudah di situ. Tetapi apakah itu yang terbaik? Apakah cocok dengan era sekarang ini, semangat ASEAN, ASEAN security community, cost and benefit, trilyunan rupiah yang kita harus keluarkan, imbangan daya tempur, sistem senjata yang dimiliki Malaysia dan Indonesia, dan seterusnya, dan seterusnya. Ini contoh bagaimana kita bisa memilih antara emotional approach dengan satu rational thinking, rational choice yang harus kita ambil. Juga sering sekali ada juga putuskan hubungan diplomatik dengan Australia ketika ada insiden Saudara-saudara di Papua yang mencari suaka. Putuskan hubungan dengan Singapura ketika ada masalah ekstradisi dan lain-lain, dan seterusnya.

 

Saya memahami, katakanlah, kegalauan dari Saudara-saudara kita ketika melihat permasalahan yang menyentuh harga diri, kedaulatan, dan sebagainya. Tetapi, kita tidak boleh mengambil keputusan dengan pendekatan emotional harus tetap rational sebagai pertanggungjawaban kita kepada sejarah, kepada bangsa, dan kepada masa depan kita sendiri.

 

Saudara-saudara,

 

Dari highlight itu semua, menyangkut maxims menyangkut principals, menyangkut pengalaman panjang kita, menyangkut dunia masa kini dengan tantangan-tantangannya, maka mari kita menfoormulasikan apa sesungguhnya kepentingan kita, tujuan kita, bahasa mengatakan our aspirational goal, our interest. Saya kira konstitusi telah memberikan amanah dengan jelas. Ada empat tujuan nasional yang hendak kita capai. Empat-empatnya berkaitan dengan kedaulatan, integritas negara ini, berkaitan dengan kesejahteraan, prosperity, berkaitan dengan diniscayakannya kita, peran yang aktif dalam hubungan internasional.

 

Kemudian kalau kita aplikasikan dalam apa interest kita, kepentingan kita, pada era sekarang ini, katakanlah pasca krisis ini. Maka kita akan bersetuju bahwa kita harus melaksanakan transformasi dan reformasi. Kita bersetuju bahwa demokratisasi ini harus berwujud pada satu consolidated democracy yang mapan, yang pas dengan kehendak nilai-nilai Indonesia, dan juga ekonomi yang terbangun kembali menjadi ekonomi yang tumbuh dan kuat pasca krisis ekonomi yang terjadi sepuluh tahun yang lalu.

 

Itulah interest kita pada kurun waktu ini yang bersama-sama dengan aspirational goal harus terus kita perjuangkan. Kalau kita angkat isu-isu yang aktual, yang riil,yang menjadi misi, yang menjadi pekerjaan rumah dari para diplomat kita, semuanya termasuk jajaran pemerintah, termasuk para parlemen kita, agar ekonomi kita tumbuh dengan baik, kembali sebagaimana seperti krisis atau better. Investasi sangat-sangat penting, trade juga penting, technology transfer juga penting, international labour market, ingat ada tiga juta lebih workers kita, pekerja kita yang bekerja di luar negeri. Oleh karena itu, yang dulunya mungkin tidak menjadi interest kita, sekarang menjadi kepentingan kita, mencari peluang bagi pasar tenaga kerja, putra-putri Indonesia yang mereka juga ternyata kontributif untuk pembangunan bangsanya meskipun mereka mengabdi di luar negeri. Regional security and order tentu sangat penting bagi kita, kawasan ASEAN, kawasan Asia Timur, kawasan Asia Pasifik, dengan melihat makna geopolitik dan geoekonomi yang baru, yang lebih relevan.

 

Jangan dilupakan pula bahwa menjadi interest kita, standing kita di forum global harus makin baik, makin terhormat dan makin tinggi. Positive image sangat membantu ruang gerak diplomasi kita, sangat menentukan keberhasilan mencapai tujuan dan sasaran diplomasi kita. Apa yang kita syukuri, demokrasi yang makin mekar, human right yang makin dihormati, citra Indonesia sebagai moderate nation, kemudian aktifitas kita, peran aktif kita di berbagai belahan dunia, di ASEAN misalnya, ekonomi yang terus tumbuh sekarang ini, better legal frame work, dan lain-lain, itu rupanya diintip, diaudit, dan dipotret oleh masyarakat internasional. Dan di situlah alhamdullilah, standing kita secara bertahap makin tinggi, makin terhormat, makin mulia. Oleh karena itu, bukan serba kebetulan kalau sekarang ini Indonesia hampir menduduki semua organ-organ vital di PBB, Security Council, Human Right Council, Peacebuilding Commission, dan sejumlah organisasi yang prestisius karena positive image, karena standing kita yang pelan-pelan telah bergerak maju pada forum internasional tersebut.

 

Semuanya itu adalah our national interest yang harus kita pertahankan dan perjuangkan. Sementara itu, dunia juga, katakanlah, memiliki kepentingannya, global interest yang sekarang kalau kita rasa-rasakan juga menjadi national interest kita. Tidak ada yang tidak khawatir dan cemas melihat climate change, melihat global warming yang terus berkembang dan belum ada tanda-tanda, ada kesepakatan global yang betul-betul bulat untuk mengatasi itu. Bali Conference bagus, kita melahirkan Bali Road Map. Ketika saya hadir di Hokaido kemarin, di G8+8 conference, pertama kali Indonesia diundang, saya mendapatkan opportunity untuk menyampaikan masalah climate change dan sebagai pembicara yang termasuk awal, kita punya kehormatan dan kebanggaan. Tetapi saya membayangkan ketika kita berdiskusi di antara para pemimpin dunia itu, masih cukup panjang untuk betul-betul ada global commitment, global consensus, global cooperation dalam menghadapi atau mengatasi climate change dan global warming.

 

Energy security, banyak sekali kepentingan yang bertabrakan. Oil producing countries, oil consuming countries, major oil companies, masing-masing tentu punya kepentingannya sendiri-sendiri tetapi satu hal, bahwa itu akhirnya menjadi global problems, menjadi global interest bagaimana kita memiliki long term, price stability dalam bidang energi ini, utamanya di bidang fosil based fuel.

 

Food security, 6,4 milyar, akan menjadi 8,5 milyar tentu ini memerlukan sumber pangan yang luar biasa. Kita mulai bicara second wave of green revolution. Kita pernah melaksanakan revolusi hijau gelombang pertama membawa kebaikan tapi juga menghadirkan beberapa ekses termasuk lingkungan. Ada keperluan meningkatkan produksi dan produktivitas pangan secara global agar kita memiliki ketahanan pangan global yang tentunya nasional. Kemudian WTO, ini juga perkara yang masih belum ada tanda-tanda, Menteri Perdagangan frustasi, kemudian, melapor kepada saya dengan sangat emosional: why Jenewa negotiation failed? Tetapi belum terlambat, sekarang sedang bekerja lagi, mudah-mudahan bisa kita inisiasi lagi putaran-putaran berikutnya lagi, simply a conflict of interest.

 

Kita sebagai negara berkembang ingin memperjuangkan fair trade, akses yang lebih luas untuk product kita, untuk commodities kita, pertanian kita, bagi kita sesuap nasi, bagi negara maju sebuah Mercy barangkali. Bagi mereka adalah mengurangi sedikit the pursuit of happiness, bagi kita mencegah bigger misery, penderitaan yang lebih besar lagi bagi negara berkembang, bagi Indonesia, di mana kemiskinan masih kita hadapi. Ini juga memerlukan moral approach, the real justice, tetapi tentu kembali lagi pada interest dari masing-masing negara. Climate change, energy security, food security, WTO negotiation, semua itu adalah global issues yang memerlukan global solution, global consensus yang memiliki implikasi kepada keadaan dalam negeri kita, keadaan dalam negeri bangsa-bangsa yang lain. Oleh karena itu, boleh kita mengatakan there are global interests tapi sesungguhnya juga kepentingan kita untuk kita bisa ikut menata agar membawa keadilan bagi semua bangsa dan terutama bagi negara berkembang, terutama sekali bagi bangsa Indonesia.

 

Saudara-saudara,

 

Sampailah pada yang terakhir. Apa pilihan kita? Apa kebijakan kita? Choices and policies. Saya yang sedang mengemban amanah, terutama 4 tahun terakhir ini ketika menghadiri berbagai summit, berbagai high level meeting, baik di PBB, di negara-negara lain, termasuk di negara kita, didampingi oleh Menlu atau Menlu sendiri juga melakukan hal yang sama pada tingkat Menteri. Kami makin mengetahui, makin merasakan pikiran-pikiran para pemimpin dunia, pikiran-pikiran negara-negara lain. Oleh karena itu, kalau tadi global interest versus national interest, ya bagi saya tetaplah kepentingan nasional first. Kemudian yang lain, kita bersama-sama untuk memenuhi yang disebut dengan global interest.

 

Nah, di situ ketika kita akhirnya, apa yang dapat kita lakukan. Ya, akhirnya kita masuk pada realisme, bukan liberalisme, bukan idealisme dalam mazhab politik luar negeri karena kalau tidak realistik, kita ingin mencapai itu, resources kita tidak cukup, kapasitas kita tidak memadai, we cannot achieve those objectives karena di luar kemampuan kita. Kita harus mengetahui circumstances dan di atas segalanya jangan lupa bahwa kita juga punya values, punya principals, punya ideals yang sudah diletakkan landasannya oleh para founding fathers. Semua itulah yang akhirnya tahun-tahun sekarang, tahun-tahun mendatang, kita merumuskan sesungguhnya secara bersama, meskipun tentunya saya, Menlu berada di depan tetapi ini produk dari interaksi kita selama ini.

 

Ada tiga hal yang sangat fundamental yang menjadi pilihan kita. Dalam era globalisasi, dalam dunia yang menghadirkan makin banyak issues dan tantangan ini, maka mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus menjadi bagian, harus menjadi pelaku aktif di dalam membangun international cooperation and partnership, baik secara bilateral, regional, maupun multilateral. Jangan didikotomikan antara apa yang kita lakukan secara unilateral, sepihak, yang penting untuk kepentingan kita dengan keharusan dan keniscayaan kita melakukan kerja sama dan kemitraan dengan masyarakat global.

 

Kalau kita bicara kita perlu investasi, kita perlu capital, kita perlu technology, kita perlu pasar untuk barang-barang kita, kita perlu pasar untuk pekerja kita, tidak mungkin kalau kita tidak menggalang kerja sama dan kemitraan dengan negara-negara sahabat. Kemudian, dan itu perjuangan, medan perjuangan para diplomat kita, tetapi jangan dilupakan, jangan kita memberikan beban yang berlebihan kepada diplomat. Jangan sampai diplomat kita harus melaksanakan the impossible mission karena keadaan dalam negeri kita, karena resources kita, karena strength kita tidak cukup untuk memungkinkan para diplomat kita berhasil melaksanakan diplomasinya, misalnya, agar kita bisa masuk pada pasar-pasar global di dalam international trade, maka competitiveness kita harus tinggi, ekonominya harus efisien, transaksi harus bagus, delivery-nya bagus, just in, dan sebagainya. Dengan demikian, kita bisa memilih lebih banyak lagi untuk memasarkan produk-produk kita.

 

Kalau kita bicara investasi, good national climate agar investment berjalan dengan baik di negeri ini. Good governance supaya tidak bertele-tele, efisien, tumbuh berkembang. Good management of our resources, banyak sekali sumber daya alam kita, pertanian, tambang, termasuk perikanan, termasuk manusianya. Itu semua adalah capital kita yang bisa kita daya gunakan untuk membangun kekuatan domestik, termasuk membesarkan pasar domestik. Tetapi itu juga leverage untuk kita gunakan memperjuangkan kepentingan kita di forum internasional. Dua itulah pilihan kita sesungguhnya, tentu dengan dikaitkan dengan isu yang bersangkutan, dikaitkan dengan aktor negara sahabat atau organisasi internasional di mana kita harus berhubungan, harus berhadapan.

 

Dan yang satu lagi, ini mentalitas yang harus kita bangun. Saya sering mendengarkan statement dari para politisi, termasuk anggota parlemen, pimpinan daerah, masyarakat luas, tentang bahayanya globalisasi, ancaman globalisasi, ada nilai-nilai yang merusak nilai kita, ada kemungkinan dominasi super power tentang sesuatu yang tidak adil, yang dipaksakan kepada kita. Saya setuju 100%, setuju. Tetapi saya kurang mendengar bahwa globalisasi ini juga mendatangkan, memberikan opportunity, peluang, luxury. Bangsa yang cerdas, kita bisa menahan, menolak, mencegah pengaruh-pengaruh yang buruk dari globalisasi, yang against our national interest, yang against our values. Tetapi kalau kita hanya itu, kita baru separuh menang. Kemenangan paripurna kita apabila kita juga bisa mengalirkan sumber-sumber kemakmuran di era globalisasi dari negara manapun untuk sebesar-besar kepentingan kita. Saya katakan tadi teknologi, investasi, capital, dan sebagainya.

 

Dengan catatan itu, dengan harapan dan ajakan itu, Saudara-saudara, marilah kita satukan visi kita, langkah kita, upaya kita, untuk memperjuangkan kepentingan kita karena topiknya adalah foreign policy pada forum internasional. Mari, menandai 100 tahun Kebangkitan Nasional ini, kita bekerja dan berjuang bersama lebih keras lagi untuk meningkatkan kemandirian, meningkatkan daya saing dan peradaban bangsa, civilization, yang akhirnya menjadi sumber, menjadi landasan yang penting dengan energi yang positif. Kita ingin betul negara yang kita cintai ini di abad 21 ini, betul-betul menjadi atau menuju ke negara yang maju, yang bermartabat, dan yang sejahtera. Jangan kita merasa kecil terus, jangan merasa kita tertinggal terus, jangan kita merasa masih sangat-sangat jauh jalan menuju ke situ. Marilah kita berjiwa terang, berpikir positif, bersikap optimis.

 

Saya harus dengan senang melaporkan ke hadirin sekalian banyak sekali ajakan, apresiasi, pelibatan Indonesia pada forum-forum yang tidak pernah kita bayangkan. Dua bulan yang lalu, Sekretaris Jenderal OECD memasukkan Indonesia menjadi enhance engagement bersama-sama China, India, Brazil, Afrika Selatan, dan Indonesia. Forum G8+8 kemarin saya kira pertama kali dalam sejarah. Di samping G8, kita juga berada dalam barisan G8 yang lain, India, China, Brazilia, Meksiko, South Africa, South Korea, Australia, dan Indonesia sendiri. Banyak yang telah kita capai meskipun masih banyak lagi yang harus kita lakukan. Kita syukuri itu semuanya itu, sebagai kerja keras kita semua sebagai bangsa dan mari kita jadikan capital baru untuk mencapai yang lebih besar lagi.

 

Dan akhirnya, semuanya itu dapat kita lakukan dengan ridho Allah Subhaanahu wa Ta'aala, kalau betul-betul kita bersemboyan Indonesia Bisa! Terima kasih, selamat bertugas.

 

Wassalaamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

 

 

Biro Naskah dan Penerjemahan,
Deputi Mensesneg Bidang Dukungan Kebijakan,
Sekretariat Negara RI