Mayang menjabarkan,
bahwa penting bagi seorang humas pemerintah untuk bisa merancang
strategi komunikasi. "Yang harus dikuatkan dulu adalah strategi
komunikasi. Dengan adanya strategi komunikasi bapak dan ibu bisa
memutuskan saya mau pakai mana dulu fokusnya, " ujar salah satu pendiri
The Indonesian PR Practitioners Group ini. Namun ia menekankan elemen
pertama dalam pembentukan strategi komunikasi adalah tujuan. Karena
penentuan arah strategi komunikasi harus berdasarkan tujuan akhir yang
ingin kita capai.
Memetakan stakeholder merupakan kelanjutan dari pembentukan strategi tersebut. Di tahap ini lah seorang humas pemerintah mengenali lebih mendalam siapa yang menjadi stakeholder dari institusi. "Siapa yang mempengaruhi media siapa yang jadi influencer, baru setelah itu anda mmbengun trust dari institusi" tegas Mayang kembali.
Pemaparan itu Mayang sampaikan pada acara Focus Group Discussion yang diadakan oleh Asisten Deputi Hubungan Masyarakat, di Gedung Utama Kemensetneg, Selasa (31/05). Selain Mayang, juga hadir Direktur Eksekutif Leo Burnett, Lina Sunarjo sebagai narasumber; Deputi Hubungan Lembaga dan Kemsayarakatan, Dadan Wildan; dan Asisten Deputi Hubungan Masyarakat, Masrokhan. (Humas Kemensetneg)
Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?