Kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama Kantor Staf Presiden, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Ombudsman RI. Keynote speech adalah Deputi I KSP Darmawan Prasojo, dengan narasumber adalah Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan, Asdep pada Deputi Pelayanan Publik KemenpanRB, Asdep Pengaduan Masyarakat Kemensetneg, Komisioner Ombudsman RI Bidang Pencegahan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pertanian, dan BPJS Kesehatan. Sedangkan peserta pertemuan adalah perwakilan seluruh kementerian, Polri, Kejaksaan Agung, Ombudsman RI, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dll.
Pertemuan Akbar Pengelolaan Pengaduan Nasional diharapkan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana alur dan mekanisme pengelolaan aspirasi pengaduan di instansi pengelola pengaduan masyarakat; tantangan dan peluang yang dihadapi dalam pengelolaan aspirasi dan pengaduan masyarakat;Â langkah untuk optimalisasi pengelolaan dan aspirasi pengaduan di instansi pengelolan pengaduan masyarakat; dan pengalaman instansi pengelola pengaduan dalam memanfaatkan sistem LAPOR!. (Humas Kemensetneg)