Informasi menjadi salah satu kebutuhan mendasar pada era digital saat ini. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) sebagai lembaga pemerintahan melihat peluang dalam menghadapi perubahan di era digital.
Agar dapat cepat beradaptasi dengan perubahan di era digital, Asisten Deputi Hubungan Masyarakat (Asdep Humas) mengunjungi Tempo Group, sebagai salah satu media tersohor dan tertua di Indonesia, guna mendapatkan pendalaman terkait dengan diseminasi informasi, peliputan dokumentasi serta analisis berita dan pengelolaan newsroom Tempo.
Asdep Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono beserta jajarannya pada Rabu (16/1) mengadakan media visit ke kantor Tempo di kawasan Palmerah, Jakarta Selatan. Kedatangan Asdep Humas Kemensetneg disambut oleh Elix Susanto selaku Eksekutif Redaktur Tempo.co, Tulus Wijanarko selaku Redaktur kanal Nasional, Ali Anwar selaku Staf Redaksi, dan Amirullah selaku Redaktur.
Kunjungan ini membahas mengenai pengelolaan newsroom Tempo di tengah perubahan era saat ini. “Kita mencoba melihat kebiasaan pembaca saat ini dan melihat hal yang menjadi trending di masyarakat untuk membuat berita yang sesuai dengan informasi yang ingin didapatkan oleh masyarakat dari berbagai macam sudut pandang,” ujar Tulus.
Perubahan era saat ini menuntut media untuk dapat lebih peka akan kebutuhan informasi masyarakat dan memberikan sentuhan yang unik yang menarik agar pembaca memilih berita yang diproduksi oleh Tempo.
Meskipun terbuka untuk membahas isu yang hangat di masyarakat, Tempo juga tetap menekankan tidak semua berita mengikuti trend yang hangat di masyarakat, Tempo tetap memiliki visi sendiri dalam mengangkat topik berita.
Tempo melihat bahwa perlu ada diferensiasi untuk setiap produk melihat perilaku pembaca yang sekarang sudah berubah. Tiga media utama Tempo yaitu Majalah Tempo, Koran Tempo, dan Tempo.co, semuanya menyajikan berita dengan cara yang berbeda. Tempo.co sebagai kanal digital yang menyuguhi breaking news menyesuaikan dengan kebutuhan kecepatan informasi masyarakat.
Koran Tempo mengupas informasi dengan memberikan ulasan dan analisis mengenai yang terjadi pada hari ini. Tempo majalah mengupas peristiwa secara mendalam dan memberikan beberapa sudut pandang kepada pembacanya.
Sebagai lembaga pemerintah Kemensetneg berupaya menjadi sumber informasi utama bagi masyarakat terkait aktivitas Kemensetneg, Presiden, Wakil Presiden, dan aktivitas pemerintah lainnya, utamanya dalam membangun optimisme guna menyukseskan kerja pemerintah. Mempelajari bagaimana pengelolaan newsroom Tempo, memproduksi konten pemberitaan kreatif dan membangun big data peliputan, merupakan langkah Humas Kemensetneg untuk memenuhi tujuan tersebut. (Humas Kemensetneg)