Kemensetneg Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2020

 
bagikan berita ke :

Selasa, 09 Maret 2021
Di baca 1560 kali

Selasa (9/03), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) berhasil meraih penghargaan Penyelenggara Pelayanan Publik Tahun 2020. Penghargaan tersebut diterima dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi & Pemberian Penghargaan Kegiatan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik Tahun 2020. Acara penghargaan yang juga digelar sebagai ajang Apresiasi atas Penyelenggaraan Sarana dan Prasarana Pelayanan Publik Kelompok Rentan Lingkup Kementerian/Lembaga diselenggarakan di Hotel Ritz-Carlton SCBD.

Piagam penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB), Tjahjo Kumolo kepada Kepala Biro Administrasi Pejabat Pemerintah (APP), Kemensetneg, Iman Budiman. Biro APP menjadi salah satu dari 26 unit kerja penyelenggara pelayanan publik yang mendapatkan kategori A- atau Sangat Baik, dengan rentang nilai 4,01 - 4,50.

Kegiatan pemantauan dan evaluasi kinerja pelayanan publik dilakukan di 55 kementerian/lembaga pada tahun 2020. Kegiatan evaluasi dilaksanakan sejak bulan Juli hingga November 2020 pada unit penyelenggara pelayanan publik yang telah diajukan oleh masing-masing kementerian/lembaga. Sementara, pemantauan dan evaluasi pada Biro APP, Kemensetneg telah dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2020.

Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementerian PAN & RB, Diah Natalisa, menjelaskan bahwa penilaian terhadap kinerja pelayanan publik difokuskan pada enam komponen. Keenam komponen tersebut adalah Kebijakan Pelayanan, Profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik, Konsultasi dan Pengaduan, serta Inovasi. Keenam aspek ini menjadi poin penilaian dalam instrumen evaluasi sebagaimana Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 17 Tahun 2017.

Hasil evaluasi dan penghargaan yang diterima oleh Biro APP akan menjadi penyemangat untuk semakin berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan publik terbaik bagi seluruh pemangku kepentingan. Sebagai unit pelayanan yang mendapatkan kategori Pelayanan Sangat Baik, Biro APP harus dapat menjadi role model dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kemensetneg dengan menggandeng unit-unit pelayanan publik lainnya di Kemensetneg.

“Mengingat di tahun 2020 Biro APP mendapat penghargaan dan di tahun 2019 Biro KTLN juga (telah) mendapat penghargaan maka dapat dijadikan standar atau pemicu bagi unit kerja lain di Kemensetneg yang (akan) ditunjuk untuk mendapatkan kategori sangat baik, bahkan sebisa mungkin mencapai kategori prima,” kata Iman saat diwawancarai dalam kesempatan terpisah.

Penyelenggaran evaluasi tahun 2020 dilaksanakan secara langsung dan daring (desk evaluation) pada unit tertentu dengan pertimbangan zonasi. Berdasarkan hasil evaluasi terdapat 6 kementerian/lembaga mendapatkan nilai A (Pelayanan Prima), 26 kementerian/lembaga dengan nilai A-, 15 kementerian/lembaga dengan nilai B, 4 kementerian/lembaga dengan nilai B-, 2 kementerian/lembaga dengan nilai C, dan 1 kementerian/lembaga dengan nilai C-.

Acara penghargaan ini juga dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim; Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Syarifuddin; dan seluruh perwakilan K/L. (ANT-BAPP_WKA-Humas Kemensetneg)

Bagaimana pendapat anda mengenai artikel ini?
1           0           0           0           0