Kemensetneg telah menghasilkan 92 Inovasi dan akan terus berinovasi guna menjadi organisasi yang dinamis, sebagai The Ultimate Show Case of Indonesia, dalam tata kelola, pelayanan, lingkungan, SDM dan Seni Budaya. Semangat berinovasi ini layak untuk disebarluaskan ke berbagai K/L, pemerintah daerah, BUMN serta pemangku kepentingan lainnya, sehingga diharapkan dapat berkonstribusi positif dalam membangun optimisme masa depan Indonesia.
Pokok pikiran tersebut terangkum dalam Sharing Session Asdep Humas Kemensetneg dan Tim dengan jajaran Direksi dan Staf PT. Pelindo IV di Pelabuhan Makassar, pada Rabu (10/4), tim juga berkesempatan untuk berkunjung dan melihat langsung berbagai inovasi pelayanan yang telah dikembangkan PT. Pelindo IV, sebagai komitmen transformasi menuju “Great Port, Great Connectivity, Great Indonesia.”
Dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, Asdep Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono disambut oleh Direktur Teknik Pelindo IV, Prakosa Hadi Takariyanto, yang menyampaikan apresiasinya terhadap berbagai Inovasi Kemensetneg yang sangat beragam dan inspiratif. Dalam kesempatan tersebut, juga disampaikan apresiasi Pelindo IV atas dukungan Kemensetneg/Istana Kepresidenan pada Ground breaking Makassar New Port (MNP) pada tanggal 22 Mei 2015 oleh Presiden RI, dimana sejak sejak 28 Maret 2019 yang lalu, MNP telah mendapat izin operasi penuh, diharapkan kehadiran MNP dapat berperan strategis dalam menjadikan Pelindo IV sebagai Lokomotif Pembangunan Indonesia Timur.
Berbagai inovasi yang telah dikembangkan Kemensetneg sebagaimana terangkum dalam Majalah Inovasi Setneg, sejalan dengan semangat berinovasi yang juga terus dikembangkan di lingkungan PT. Pelindo IV dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa kepelabuhan di 25 cabang yang tersebar dari Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Ambon, Ternate, hingga Papua dan Papua Barat..
“Kami sangat mengapresiasi inisiatif Kemensetneg untuk menularkan semangat inovasi yang terangkum dalam Majalah Inovasi Setneg, diharapkan dengan penempatan majalah tersebut di reading corner di Pelabuhan-Pelabuhan lingkup Pelindo IV, disamping bermanfaat bagi peningkatan pelayanan kepada penumpang, juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi masyarakat,” Ujar Prakosa.
Dalam paparannya, Direktur Teknik, Prakosa Hadi Takariyanto menjelaskan tentang berbagai inovasi yang telah dikembangkan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) dan kinerja organisasi, yang berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang “Anugerah BUMN 2019”, yakni Kategori Corporate Emerging Corporate dan Kategori CEO Emerging Corporate.
Revitalisasi Pelabuhan dan Pembangunan Pelabuhan Baru merupakan wujud komitmen PT. Pelindo IV dalam menyukseskan konektivitas di wilayah timur agar mobilitas barang dan jasa dan pertumbuhan ekonomi regional meningkat.
“Kehadiran Makassar New Port (MNP) telah mengurangi antrian kapal di Terminal Peti Kemas Makassar (TPM) hingga 30%, Waktu tunggu (waiting time) di dermaga TPM sudah normal dan menjadi satu hari. Sebelum ada MNP, waiting time di TPM bisa mencapai 3-4 hari. Kondisi ini menjadi pengurai antrian kapal di dermaga TPM untuk mempercepat distribusi barang ke wilayah timur Indonesia, seperti Ambon, Ternate, Sorong, dan Jayapura sehingga dapat mendorong roda perekonomian di wilayah timur Indonesia,” ungkap Prakosa.
Di sisi peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa pelabuhan penumpang, juga telah dilakukan berbagai inovasi pelayanan, sebagaimana inovasi di Pelabuhan Penumpang Soekarno-Hatta Makassar, yang saat ini layaknya seperti berada di Bandar Udara bertaraf Internasional, sebagai dampak dari inovasi dan pembenahan-pembenahan yang telah dilakukan.
Penumpang kini memiliki kepastian keberangkatan dan keyamanan pelayanan, dengan digitalisasi kedatangan dan keberangkatan kapal, ticketing, AC di seluruh ruang tunggu terminal penumpang, ruang kesehatan, air keran yang bisa langsung dikonsumsi, toilet yang senantiasa bersih, mushala berikut perlengkapan salat dan kursi roda untuk penyandang disabilitas, selain itu tersedia juga travelator, connecting bridge (garbarata) dan sistem keamanan yang maksimal serta fasilitas lain untuk kenyamanan penumpang di terminal yang menampung hingga 4.000 orang.
Mengakhiri kunjungannya, Asdep Humas Kemensetneg mengharapkan jalinan kolaborasi Kemensetneg dengan Pelindo IV dapat terus ditingkatkan dalam menglofirikasi dan mengamplifikasi berbagai inovasi dan capaian kinerja kedua organisasi pada khususnya dan kerja pemerintah pada umumnya.
“Kita perlu meningkatkan kolaborasi dalam terus meningkatkan reputasi dan kepercayaan masyarakat, dengan aktif membantu pemerintah dalam glorifikasi dan amplifikasi berbagai informasi positip, tentang capaian kinerja pemerintah kepada masyarakat luas. Berbagai inovasi yang telah dikembangkan Kemensetneg dan Pelindo IV, juga memiliki nilai strategis dalam mewujudkan smart governance instutition, sehingga semangat inovasi yang ada perlu disebarluaskan kepada masyarakat,” ujar Eddy Cahyono, mengakhiri pertemuan yang berlangsung produktif tersebut. (Humas Kemensetneg)