PPID (Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi) menjadi salah satu sektor penting bagi Kementerian Sekretariat Negara. Keberadaan PPID di Kemensetneg menjamin setiap data dan informasi yang ada di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dapat dikelola dengan baik dan akurat.
Demi optimalisasi kinerja pengelolaan PPID, Asisten Deputi Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara (Asdep Humas Kemensetneg), Eddy Cahyono Sugiarto melakukan visitasi ke Pemerintah Kota Surakarta (13/3). Sebagaimana diketahui, Kota Surakarta telah memperoleh banyak penghargaan di tingkat nasional, antara lain Kota Terinovatif Tahun 2017 khususnya dalam pelayanan publik dari Kementerian Dalam Negari, Wahana Tata Nugraha Tahun 2017 yaitu penghargaan dalam bidang penataan lalu lintas kategori kota besar dari Kementerian Perhubungan, dan Predikat Kota Layak Anak Tahun 2017 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dalam kunjungan ini, Asdep Humas dan tim berdiskusi secara intensif dengan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Surakarta beserta perwakilan dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta.
Pertemuan ini membahas beberapa hal, salah satunya adalah pengelolaan informasi yang baik dan optimalisasi diseminasi informasi. Dua hal ini menjadi kunci terhadap penerapan keterbukaan informasi publik pada badan publik untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Inovasi ini telah dimulai dan dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta yang meluncurkan dua fitur penunjang masyarakat, yaitu Solodestination (media pencari informasi terkait dengan Solo atau Surakarta) dan ULAS (Unit Layanan Aduan Surakarta). ULAS menjadi layanan pengaduan atau pelaporan yang saat ini dikelola oleh Diskominfo, Statistik, dan Persandian Kota Surakarta melalui laman situs pengaduanmasyarakat.surakarta.go.id.
Melalui pertemuan dengan unsur Pemerintah Kota Surakarta tersebut, dijajaki pula peluang kerja sama antara Kemensetneg dengan Pemerintah Kota Surakarta dalam hal saling mendukung diseminasi informasi, khususnya yang berkaitan dengan capaian kinerja dan inovasi kelembagaan yang telah dikembangkan Kemensetneg, sharing resources dengan memanfaatkan kanal-kanal informasi yang dimiliki, dan peningkatan kinerja pengelolaan PPID melalui pertukaran pengalaman, dan hal-hal lain yang dapat mendukung kinerja masing-masing instansi. (FAF/DOA – Humas Kemensetneg)