Tingkatkan Pelayanan Pengadaan, Kemensetneg Selenggarakan Bimtek Proses Lelang Cepat
Sebanyak 75 pegawai perwakilan Unit Layanan Pengadaan dari tiap Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara, dengan sangat antusias mengikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP) dan Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 4 yang diselenggarakan di Istana Kepresidenan Cipanas (15/03).
SIKaP merupakan aplikasi subsistem dari SPSE yang digunakan untuk mengelola data atau informasi mengenai riwayat kinerja dan/atau data kualifikasi Penyedia Barang/Jasa yang dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi kinerja Penyedia Barang/Jasa dalam proses e-Lelang Cepat/e-Seleksi Cepat. Informasi kinerja Penyedia Barang/Jasa yang disediakan aplikasi SIKaP ini kemudian dimanfaatkan dalam aplikasi SPSE Versi 4 untuk pemilihan Penyedia Barang/Jasa.
Acara ini bertujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan proses lelang cepat pengadaan barang/jasa menggunakan aplikasi SIKaP dan SPSE Versi 4 yang telah dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).
"Sosialisasi dan Bimtek SIKaP dan SPSE Versi 4 ini diselenggarakan untuk meningkatkan pemahaman pegawai yang terlibat di Unit Layanan Pengadaan di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara sehingga proses lelang di Kemensetneg bisa berjalan cepat, tetapi tetap mengikuti peraturan yang ada. Pengadaan harus prudent dan akuntabel," kata Setya Utama, Sekretaris Kemensetneg saat membuka acara tersebut, didampingi oleh Kepala Unit Layanan Pengadaan Kemensetneg yang juga Kepala Biro Umum Kemensetneg, Piping Supriatna.
Hadir sebagai narasumber adalah Kepala Sub Direktorat Pengembangan Aplikasi dan Teknologi Informasi, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Dodi Wahyugi. (RIN/Infotek - Humas Kemensetneg)